Next Post

Rencana Universitas Korea Buka Jurusan Industri Hiburan untuk Mahasiswa Internasional Penggemar Kpop dan Drakor

Universitas Korea berencana membentuk jurusan spesialisasi industri hiburan Korea Selatan yang bakal dibuka untuk mahasiswa internasional. Jurusan ini nantinya akan memberikan materi mata kuliah seputar Kpop hingga Drama Korea (drakor).

Pembentukan jurusan hiburan global ini telah dibahas dalam rapat dewan direksi universitas belum lama ini, bahkan juru bicara dari Universitas Korea telah memberikan konfirmasi kepada media Korea JoongAng Daily pada Senin (19/2/2024) waktu setempat.

Pihak universitas menjelaskan, jurusan ini dibentuk dengan menawarkan kuliah di berbagai bidang seperti industri hiburan Korea secara keseluruhan, film, musik, webtoon, dan permainan. Mereka juga memberikan bocoran tentang kemungkinan hanya menerima siswa dari luar Korea Selatan.

Dekan Fakultas Media dan Komunikasi Universitas Korea, Jung Yoon-hyuk mengatakan, jurusan itu dibuka bagi para mahasiswa yang berminat mengkaji dunia hiburan di Korea Selatan.

Sebagaimana diketahui, industri hiburan Korea saat ini tak hanya dinikmati oleh warganya saja melainkan masyarakat internasional. Korean Wave jadi fenomena yang menggambarkan bagaimana dunia hiburan dari Negeri Ginseng itu telah merebak ke khalayak dunia.

Industri film mereka yang dikenal dengan drama Korea mendapat perhatian internasional, begitupun girl grup atau boy grup yang dikenal dengan K-Pop bahkan mendapat sokongan dari berbagai brand kenamaan dunia.

β€œJurusan ini bertujuan untuk menciptakan kuliah berhubungan dengan hiburan dan hanya diperuntukkan bagi mahasiswa internasional, karena industri hiburan Korea menjadi populer, dengan mahasiswa internasional memiliki preferensi yang kuat terhadap bidang tersebut,” kata Jung Yoon-hyuk.

Pihak universitas juga beralasan kenapa hanya mahasiswa internasional yang diperbolehkan untuk kuliah di jurusan itu, lantaran universitas tidak perlu mengurangi kuota mahasiswa untuk jurusan lain. Penerimaan mahasiswa internasional berada di luar kuota penerimaan reguler dan lebih fleksibel.

Sebagian besar kursus yang ditawarkan di departemen ini akan diajarkan dalam bahasa Inggris, meskipun beberapa kursus pelatihan praktis akan ditawarkan dalam bahasa Korea. Di sisi lain sampai saat ini pihak universitas masih belum memberikan bocoran kapan jurusan hiburan bakal dibuka untuk mahasiswa internasional.

Kini mereka kabarnya masih menggodok dan menyusun rencana yang tepat untuk membuka jurusan tersebut. Universitas juga membahas Sekolah Media dan Komunikasi, sebuah jurusan akademik yang bakal menjadi sebuah perguruan tinggi. Hal ini memungkinkan Jurusan Hiburan Global yang akan dibentuk ditempatkan di bawah Sekolah Media dan Komunikasi.

fiskusma

Related posts